Busway Koridor X

Sudah lama dinantikan akhirnya Koridor X Busway Jurusan Cililitan – Tj, Priok beroperasional juga. Kenapa ini aku tunggu-tunggu karena jarak salah satu haltenya berada sekitar 300 – 400 m dari rumah. dekat yah..

Pagi ini akhirnya kucoba untuk menaiki rute ini. Sesampainya di halte ternyata haltenya kosong, mungkin karena rute ini belum menggaet pelanggan atau kecuali seperti di koridor IX dimana rute bus reguler dihapus untuk jalur yang sama. Busway sendiri seperti yang telah kubaca di koran memang betul datang setiap kurang lebih 15 menit.

Sebenarnya jalur ke kantor membutuhkan tiga kali ganti jalur, koridor X lalu berpindah di Cempaka Mas ke Koridor III dan terakhir pindah lagi di Harmony ke Koridor I jurusan Kota – Blok M. Sangat berhemat dengan uang Rp. 2000 ,- (sebelum jam 7) bisa sampai kantor.

Permasalahannya adalah berangkat jam 6.10 dari rumah, sampai dengan kantor jam 7.45 kurang lebih 1,5 jam, sedangkan jika berangkat dengan kendaraan pribadi waktu tempuh 20 menit. Permasalahan utama menurutku adalah waktu tunggu yang cukup lama, andaikata bisa diperpendek menjadi setiap 5 – 10 menit mungkin jadi lebih baik.

Ini case per case sebetulnya, apakah busway ini menguntungkan atau tidak? kebetulan dengan lokasi rumahku yang dekat kantor maka biaya penghematan dibandingkan dengan pengorbanan waktu, kenikmatan, tenaga menjadi tidak significant.

btw : Aku senang rute ini dapat beroperasi sebagai alternatif transportasi.

 

 

 

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s