New Wave Marketing

Pada minggu lalu dikantorku didatangkan pakar Marketing Hermawan Kartajaya untuk berbagi ilmu selama 1 jam.  Aku bukan orang Marketing tapi judul paparan cukup menggugahku untuk hadir “New Wave Marketing” high impact low budget. Memang menarik marketing ini, seperti kita akan perang semua ada strategy-nya.
I will  terangkan sedikit aja, mudah2an ini bermanfaat bagi kita para interneter ( hi hi.. baru punya blog satu aja sok )

Intro.
Wong namanya jago marketing, baru bicara intro aja selama 30 menit bahasannya sangat menarik. Diselingi humor2 dengan logat jawa timur yang masih kental. Aku baru tahu ternyata beliau tidak menyelesaikan kuliah pertamanya (lupa dimana..), dan beliau mengambil S1 karena keharusan dari Diknas agar seorang dosen harus jadi S1 ..
Perkenalannya dengan Philip Kotler pun terbilang unik, ketika itu mereka bertemu di Rusia menghadiri suatu acara dan ternyata (katanya) hanya mereka yang bisa bahasa Inggris.. he he..  kalau kataku sih mereka risi aja kali ngobrol sama begawan Marketing dunia.

New Wave Marketing.
Beliau mengatakan melihat perkembangan teknologi internet dengan Web 2.0, membuat perilaku pelanggan berubah dan sekaligus membuka peluang baru. Dengan sendirinya praktik marketing harus menyesuaikan dengan perubahan ini. Berbagai perubahan ini bermuara pada lahirnya sebuah pendekatan baru, pendekatan marketing yang bersifat vertikal, top-down dan one to many. pendekatan terakhir inilah yang dinamakan olehnya New Wave Marketing. Lalu di tengah situasi ekonomi yang tak menentu, beliau juga melihat bahwa para marketer bukan hanya dituntut untuk lebih kreatif, namun juga harus bisa bertanggung jawab atas masalah keuangan.

Karena itulah praktik low-budget high-impact marketing jadi harus.
Jadi konsep yang berlaku sekarang seperti segmentasi, targeting, positioning, differensiasi, marketing-mix, selling, brand, servis akan berubah menjadi communitization, conforming, clarifying, coding, crowd-combo, commercialization, character,caring, collaboration.
Contoh : Pada saat pemilihan presiden Obama melawan McCain, seperti kita tahu bahwa Obama salah satunya menjadikan facebook sebagai bagian dari campaignnya eh..kampanye.  Dengan mengambil kata kunci “Change”, Obama yang horisontal dan McCain Vertikal.  Obama banyak memanfaatkan email dan sms untuk melancarkan komunikasinya dan minta dukungan dari orang per orang.
Sementara McCain banyak menggunakan media tradisional seperti TV untuk menyerang Obama.
Partai Republik menyadari hal tersebut dan memilih Sarah Palin, karena dia seorang wanita, masih muda dan miskin pengalaman.
Tapi hasilnya ya.. teuteup kalah Republik.
Beliau juga memberi contoh ketika Yamaha Indonesia merangkul slanker yang notabene anggotanya ada 40 juta (ini katanya lho).. dan setiap anggota diberi kartu Yamaha. Bilamana mereka membeli Yamaha akan dapat sesuatu.. lupa aku.
Tapi ada sesuatu yang perlu dicamkan yaitu KEJUJURAN.

Ada sesuatu yang membuatku terharu..  beliau mengatakan bahwa satu2nya Nabi yang entreprener adalah Nabi Muhammad SAW.
Beliau mengatakan bahwa Nabi Muhammad sejak dulu sudah melakukan pendekatan secara horisontal, Kita (khususnya yang beragaman Islam) Nabi Muhammad dikenal sebagai orang yang jujur dan dapat dipercaya.  Sedikit aneh juga bahwa beliau (Hermawan K) berkata seperti ini. Ternyata waktu kecilnya dia di Sby banyak bergaul dengan orang muslim dan bahkan sering tiduran di Surau di Kampungnya. Satu lagi ternyata dia juga termasuk anggota dewan bank syariah.. kalau istilah sekarang Islamic Bank lambangnya IB.

Ini aja pengantarnya, kalau mau lengkap ya beli aja bukunya. Aku juga jadi beli, menarik juga. Siapa tahu dapat bekal buat nambah2 beli rumah di Pondok Indah atau Menteng..

Tapi pada saat nulis belum selesai bacanya, jadi silahkan komentar tapi kalau nanya lebih jauh belum siap juga. wong bukan orang Marketing (ngeles.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s