Upgrade OS 4.5.0.124 untuk Blackberry 8320

Sebenarnya tadinya gak ada maksud buat upgrade OS, sejak BBku kalau ditancapkan kabel data tidak bergeming.
Maklum juga lagi itu beli BB second keburu2, tidak cari info dulu sebanyak-banyaknya…
Tapi seorang teman yang juga baru beli BB di e-Bay, meminjamkan kabel data dan ternyata ..jreng tersambung, dikenal PC sebagai new device. Walaupun tidak boleh goyang *** mungkin ada masalah di connector HandHeld **

Segera click Desktop Manager dan bisa dikenal ….

Kuputuskan untuk segera upgrade OS 8320ku, agar dapat lebih Oke.. buka di millis dan didapatkan bahwa untuk 8320 terbaik dan terakhir menggunakan BB versi 4.5.0.124.
Berikut  cara langkahnya :

Pertama kucari dulu, di Internet untuk download OS ini, cuman ukurannya cukup besar sekitar 90Mb. Pastiin juga kalau itu buat BB 8320, cuman kebetulan di kantor sdh ada yang download  .:)

Kedua nih.. jalankan program tersebut di PC

Ketiga jangan lupa untuk menghapus Hapus vendor.xml
Ada dimana ? nah lokasinya ada di c ==> prog files ==> common files ==> research in motion ==> app.loader

Keempat untuk lebih amannya Back up data di hand held ke pc melalui Desktop Manager. walau pengalaman kemaren sih secara automatis dibackup dulu sama prosesnya.

Kelima (Option) aku tidak melakukannya, walau tegang diakhirnya.
Wipe handheld di hh itu sendiri dengan cara option ==> security options ==> general settings ==> pencet tombol ? ==> wipe handheld. Tunggu sd proses wipe kelar.kalau os masih yg 4.2 wipe include 3rd party.kalau os 4.5 tidak usah.tapi kalau tidak yakin,wipe semuanya drpada crash.

Keenam baru deh..tu desktop manager diaktifkan dan kabel data di pasand di Hand Held.

Ketujuh, kalau sdh terdeteksi, maka kupilih applicatio loader

Dan saudara2 semua akan berjalan automatis ikutin aja.
Kalau diperhatikan maka prosesnya adalah backup dulu data2 dihand held, terus dihapus, baru direplace dengan yang OS baru.
Setelah itu mengembalikan setting dan data sebelumnya.

Tunggu aja sampai selesai. Sekitar 1 jam lebih deh..

Nah ketegangan dimulai setelah BB restart, tuh BB diem aja bengong bin calangap
Ada tulisan yang lupa tapi kira2 “recover JVM … ”  JVM itu Java Virtual Machine. Apa karena tidak di wipe dulu thapan ke lima.. walahualam

Karena lama akhirnya saya restart lagi secara paksa, breeet   dibuka battere-nya. dan Start lagi ternyata bisa jalan tuh.

Kelebihan yang kelihatan,yaitu :
1. Bisa rekam video
2. Ada file Doc to GO  untuk baca dokumen
3. Kalau baca email ada attachment jpg atau pdf, bisa langsung dibuka
4. Email format HTML juga bisa dilihat
5. MemoPad lebih baik tampilan maupun Editornya
6. RIngTOne lebih panjang
7. Browser yang lebih bagus tampilannya

Mungkin ada yang lebih detail lagi, tapi paling enggak ini pengalaman pribadi yang aku alami.

Terus ?  ya coba aja lageee

53 comments

  1. muhammad fauzi · April 29, 2009

    mas saya mau tanya, cara melihat OS yang sekarang kita gunakan gimana??

    • dennyms · April 29, 2009

      Masuk option -> about

      disitu tertulis :

      V4.5.0.162 (platform 2.7.0.103)>

      Saya sendiri baru2 ini sudah upgrade lagi ke 4.5.0.162 keliatannya spacenya lebih besar. karena Curve 8320 memory internalnya terbatas.

  2. andriansah · April 29, 2009

    coba cek blog saya, ada shortcut untuk blackberry

    btw untuk cek ver, cukup ketik myver (spasi) nanti akan nongol versinya
    mypin (spasi) untuk tau pin kita berapa

    • dennyms · April 29, 2009

      Makasih bozz infonya.
      Itu pake fungsi autotext.

  3. yudha · April 29, 2009

    mas, minta OS 4.5 buat bb 8320

    • dennyms · April 29, 2009

      ukurannya besar mas, 90 mb gitu..
      coba aja dicari di http:\\blackbery.bosen.net cari peruntukan buat 83xx

  4. primdana · April 29, 2009

    mau dong upgradein ,
    mas tnggl dmn ?

  5. tengku · April 29, 2009

    mas, hp ku klo dinyalain loading n lampu merah a nyala n than mati lagi, kenapa y???
    tolong solusinya y…

  6. Gemini 8520 · April 29, 2009

    @tengku :

    buat info aja om, kalo ga salah itu namanya nuke blackberry…

    lampu LEDnya nyala warna merah terus mati, terus nyala lagi dst tapi ga masuk2…

    coba cek ke link ini

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5452988

    cari tutorial untuk mengatasi nuke blackberry…

    semoga membantu

  7. abdel rahim acho · April 29, 2009

    mas,gmn dgn BB 8320 sy….
    knp tombol merah( on/off) ga berfungsi….

    • dennyms · April 29, 2009

      Bawa ke toko aja he he he
      Mungkin tombolnya sdh gak sempurna sentuhannya.

  8. aditya · April 29, 2009

    gmn ny gan aq dah coba upgrade bb q tp kaga ngaruh tu gmn ya???????ppppplllllllleeeeessssss….

  9. Tans · April 29, 2009

    gan……………..lontong ehhhhh. tolong ane baru beli bb curve 2 hari, tp g bisa call keluar or nerima call jg, dan smspun g bisa…

    tolong jwbnnya ke tolong kirim ke emailku….

    tanti_riapstant@yahoo.com

    • dennyms · April 29, 2009

      Memangnya ente gak coba dulu di toko ? Itu sdh dipasang sim cardnya? Kelihatannya parah itu sih..balikin aja lagi

  10. zulfie · April 29, 2009

    mz BB 8320 aku,twitter”na ga bs login. . . .ruz facebook ‘na ga ad bunyi notification’a,tlong bagi solusi’na???????
    thank’s

  11. zulfie · April 29, 2009

    oea mz,bb 8320 bs d’pasang alikasi facebook chat ga?

    • dennyms · April 29, 2009

      Zulfie, sorry nih aku sdh ganti onyx. Tapi saya coba bantu sedikit, pada dasarnya asal versinya sdh sesuai maka aplikasi tsb jalan di 8320.
      Yang jadi masalah Curve ini memorynya kecil 64 Mb, jadi kalau banyak diinstall aplikasi memory cepat penuh (drain).
      Tapi coba aja diinstall dulu, lalu cek memory tersisa, kalau mis dibawah 10mb gak usah aja.

  12. onik · April 29, 2009

    harga second bb onyx berapaan gan?
    ane pngen ganti yg OS minim 5
    yg RAM intern nya gede..
    *tapi ttep yg murah atuh

  13. Boedhyl Anderson · April 29, 2009

    HaLLO BOZ..!! Mo nanya ney… pas lagi update, di bagian “Certificates” itu di mintain Key password login, tuh gimana qt bisa tau passw.nya ya boz..? please pencerahanya….. tq..

  14. deden · April 29, 2009

    Mas….8320 punya saya fuell upgrade,fuell blackberry….akses cepat,dan facebook sudah pakai versi 2.0 dan BBM sudah pakai versi 5.0.track ball lancar gak pernah ngadet,kamera jernih,flash jg fungsi….sudah 1 tahun lbh gak prnh ngulah….3009B059.ini pin BB saya….buat yg mau invite,dipersilahkann.

  15. ferdyansyah · April 29, 2009

    kalau type BB 8320 bisa ga pke os versi 4.6

    • dennyms · April 29, 2009

      Om Ferdy, yang saya tahu terakhir cuman sampai versi 4.5
      Saya sdh setahun ini ganti Onyx, jadi gak monitor lagi.
      Tapi lihat comment diatas dari Om Deden, kelihatanya dia expert di 8320.
      Tapi keperluannnya apa dulu ?

  16. tia · April 29, 2009

    Mas, mau tnya bb 8320 saya, icon facebook “F” dan twitter nÿ̲̣̣̣ă “T” ƍäª fungsi, ǰαϑΐ kalo mau facebook an ato twitter bisa liwat browser nÿ̲̣̣̣ă. Mohon pencerahannya, makasi

  17. candra · April 29, 2009

    Klo download os nya d website apah.??

  18. yola safitri fadilla · April 29, 2009

    mas hp saya hidup nya lama banget,terus loading nya lama kali,gimana caranya mas?solusi nya

  19. yola fadilla · April 29, 2009

    mas jam pasir saya pas ngidupin hp lama kali terus pas udah hidup masih ada jam pasir,gak bisa ngapangapain gimana caranya mas? mohon solusi nya mas :(

  20. ryan cool · April 29, 2009

    yola: aku juga punya begitu, dan solusinya, kalu ada group di bbm kamu, hapus yang tidak perlu, itu mmberatkan hp kamu, dan jagan pake foto kontak…ok

  21. wiryo · April 29, 2009

    kalo tampilan facebook tu tergantung OS yg kita pake yah??
    8320 sy d facebooknya gak ada keluar obrolan, lain sama punya teman sy yg curve 8520 gemini.
    terus gmn caranya biar kita bs online lewat 8320???
    mohon bantuannya agan agan sekalian..
    trimss

    • dennyms · April 29, 2009

      Iya Om Wiryo,
      Kalau facebook versi 2 keatas sudah ada fasilitas chatnya, tapi mungkin tdk bisa jalan di OS 4.
      Setahu saya ada aplikasi untuk chating, yg bisa digunakan juga untuk chat di facebook. Saya lupa namanya, karena sdh hilang dari obrolan di millis.
      Kalau senang utak atik ikutan aja millis id-berry, tapi jangan kaget sehari bisa 600email.

  22. deny indra himawan · April 29, 2009

    mau tanya gan.
    BB 8320 saya kok ga bisa dinyalain kenapa yah ? kalo dinyalain cuma ada layar putih sama ada gambar jam pasir muter-muter.
    tolong dijelasin. makasih
    bisa sms ke 089637772281

  23. febbianto · April 29, 2009

    gan bb 8320 aku udah dinstal ulang pertama hidup trus gak lama restatr melulu gi mana itu gan

  24. atik · April 29, 2009

    gan semua iconnya hilang… yang ada cuma icon fungsi bb sama profil doang??? mau buka smsm aja gak bisa soalnya iconnya bener2 hilang… kira2 knp ya gan??? mhon bantuannya….

  25. adoel · April 29, 2009

    mas bb 8320 saya ga bsa buka link gtu knp ya selalu aja ada tulisan wifinya upgred gmn ya caranya

  26. aghy · April 29, 2009

    Mas bro… Ane beli BB seken,kog HRTnya gak ada ya??? udh berkali2 register tp ttp gk mau??? ada yg tahu gk knp???

  27. fajar aditya · April 29, 2009

    8320 emang bb pas”an…..hahhahaaa

  28. fajar aditya · April 29, 2009

    bb 8320 emang bb pas”an….. hahhaaaaa

  29. chandra · April 29, 2009

    gan klo aplikasi gps buat bb 8320 nama aplikasi nya apa ya>???yg bs dipake buat paket fullservice
    thank u gan

  30. oot · April 29, 2009

    saya coba langkah trsebut….tapi “please re-connect your device, enter your pasword, if required and click entry”

    knp yah…..tolong bntuan nya….

    • dennyms · April 29, 2009

      Saya tdk pernah ngalamin spt itu, mungkin connection dr pc ke bb-nya ada masalah. Dulu pernah punya saya ada masalah di connector ke usb yg di bb-nya. Dan diganti 100rb, baru deh tokcer

  31. bangjay · April 29, 2009

    wew gue mao nanya dund tentang bb8320 ni ko webnya gak bisa dibuka gan… kenapa yuah???

    • dennyms · April 29, 2009

      Maksudnya gmana ? Icon browsernya gak bisa diklik
      Atau masuk browser terus buka web gak bisa?
      Ini banyak kemungkinannya, termasuk langganannya masuk paket apa?

  32. mochil · April 29, 2009

    kenapa yah kok hp BB 8320 gw gak bisa conect ke pc????

    minta sarn dong???

    • dennyms · April 29, 2009

      Saya pernah ngalamin spt ini, itu karena socket yg ada di BB-nya sdh gak berfungsi dgn baik. Lagi itu bisa diganti dg yg baru. Coba aja bawa ke service BB-nya

  33. van · April 29, 2009

    mas tolongin donk…
    kalo saya masukkin kabel data,, itu cuma mengisi doank..
    & trus kluar tu bacaan install software..
    itu apaan ya??

    mohon bantuan nya

    • dennyms · April 29, 2009

      Coba lebih detail urut ceritanya

  34. oyod · April 29, 2009

    mas.. 8320 saya kalo dinyalain ada gambar batre dicoret.. udh saya coba DOS instal tetep gabisa.. mungkin boleh kasih solusi?

    • dennyms · April 29, 2009

      Om Oyod, belum pernah juga ngalamin spt itu. Boleh coba lihat gambar batre dicoretnya?

      • oyod · April 29, 2009

        ini fotonya om.. saya upload lewat twitter.. mohon pencerahannya..

      • dennyms · April 29, 2009

        Sejujurnya saya sdh tdk pegang 8320 sejak lama. Tapi coba sy bantu, td dicoba tanya mbah google kesimpulannya itu ada masalah di battrenya. Mungkin sdh gak bisa ngisi, atau drainnya cepat. Coba aja ganti battre atau coba pinjem dulu punya temen

  35. fahmi zakaria · April 29, 2009

    cara upgradenya gimana mas buat OS terbarunya?
    saya search ga ketemu2 di google.

    • dennyms · April 29, 2009

      Kayaknya msh sama, sdh lama gak upgrade

  36. mataharian · April 29, 2009

    mas gmn ya bb 8320 saya memory ramnya penuh saya sudah wipe ga ada pengaruh cuma kontaknya aja yg hilang tapi aplikasinya tetap mohon pencerahannnya …………….

  37. dedek · April 29

    Upgrade os bb 8320

Berikan Balasan

